Jumat, 11 Oktober 2013

Ayam Tangkap (Aceh)

Setiap Senin pagi seiringan dengan ngantar anak2 ke sekolah, saya juga belanja mingguan. Tempat tinggal kami di daerah perkebunan yang mana kalo ke kota terdekat memakan waktu 2 jam pulang pergi mengharuskan saya untuk belanja mingguan. Dan biasanya saya pasti ga masak kalo mau belanja, soale kepagian jadi ga sempat, alasan aja kali ye...hehehhe..

Nah sewaktu perjalanan pulang ke rumah, si Bapak telpon minta dibelikan ayam kampung goreng dari warung makan langganan kami. Tapi kebetulan saat itu saya sempatkan masak dulu sebelum pergi walopun menu sederhana aja balado telur ama bening bayang, jadi ga beli deh si ayam goreng.

Keinget permintaan si Bapak, besoknya saya cari-cari resep ayam kampung goreng, ketemu si resep ayam tangkap ini.

Resepnya diambil dari majalah Kartini no. 3257

1 ekor ayam kampung, ptong kecil
8 lembar daun salam koja/daun kare
5 lembar daun pandan, potong-potong
250 ml air
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

5 siung bawang putih
5 btr bawang merah
5 bh cabe rawit
2 cm kunyit
1 cm jahe
1 sdt garam
1/2 sdm air asam jawa

Cara Membuat:

1. Campur ayam dengan daun salam, daun pandan, air dan bumbu halus, aduk rata.
2. Ungkep ayam hingga air kering dan ayam matang. Angkat.
3. Panaskan minyak, goreng ayam dengan minyak banyak hingga kuning kecoklatan dan matang.
4. Sajikan ayam beserta daun bumbunya dan taburan bawang putih goreng, dan jangan lupa cocolan sambal kecap rawitnya.

Dan ini dia penampakannya:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...