Senin, 03 Juni 2013

Gulene Rampaue (Aceh)


Rasanya seperti sayur asam sih menurut saya, asam-asam segar..nikmat banget...

Ceritanya lagi baca-baca majalah Sekar, ada resep-resep masakan khas Aceh, nah ngeliat si sayur ini kok pengen buatnya ya...

Kebetulan bahan2 yang dipakai seadanya aja yang ada di kulkas, ini dia resepnya:

Bahan:

75 gr melinjo
250 gr nangka muda, dipotong-potong, rebus hingga lunak
150 gr udang, kupas
100 gr pepaya muda, saya pakai labu siam aja
4 lonjor kacang panjang, potong 3 cm
1 ikat kangkung, saya ga pakai
25 gr daun melinjo, saya ga pakai
25 gr daun kacang panjang, saya ga pakai
25 gr daun ubi jalar, saya ga pakai
2 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2500 ml air kaldu ayam

Bumbu Halus:

6 bh cabe rawit merah
2 bh belimbing wuluh, rebus
2 sdm garam
1/2 sdm gula pasir

Cara Membuat:

1. Didihkan kaldu ayam dan daun jeruk, masukkan melinjo dan nangka muda, masak sampai empuk. Tambahkan udang, labu siam, kacang panjang dan bumbu halus, masak sampai mendidih.

2. Masukkan daun melinjo, daun kacang panjang, daun ubi jalar dan kangkung, masak sampai matang.

untuk 7 porsi




2 komentar:

  1. Seger yaa mba......bumbunya simpel ga pake bawang2an

    BalasHapus
  2. bener banget mbak..mungkin ga pake bawang2an karena udah ada kaldunya ya mbak..

    makasih udh berkunjung ya mbak...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...